Korsel Siap Gelar Reuni di Tengah Ancaman Roket Korut

Sabtu, 19 September 2015 - 21:07 WIB
Korsel Siap Gelar Reuni di Tengah Ancaman Roket Korut
Korsel Siap Gelar Reuni di Tengah Ancaman Roket Korut
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) akan tetap menggelar reuni keluarga yang terpisah akibat Perang Korea pada 1950-53, meski Korea Utara (Korut) tengah melakukan pembahasan soal peluncuran roket baru dan uji coba nuklir.

Para pejabat Korsel mengisyaratkan, mereka akan mencoba untuk melanjutkan reuni keluarga korban Perang Korea pada 20-26 Oktober mendatang. Acara itu akan digelar di resort Gunung Diamond, Korut, bahkan jika negeri tetangganya itu meluncurkan satelit sebelum acara itu digelar seperti dikutip dari laman Xinhua, Sabtu (19/9/2015).

Sebuah tim pejabat Korsel yang memeriksa fasilitas Gunung Diamond awal pekan ini menyatakan bahwa kondisi gunung tersebut cukup baik untuk mengadakan pertemuan.

"Ada beberapa bagian harus diperbaiki dan kami berencana akan mengajak Korut untuk mengatur waktu yang pas agar pekerjaan ini bisa dilakukan secepat mungkin," ujar juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan Jeong Joon-hee.

Kedua Korea sebelumnya telah sepakat untuk mengadakan reuni pada bulan Agustus lalu untuk meredakan ketegangan diantara keduanya. Reuni ini sebelumnya pernah dilakukan pada 1985, dimana saat itu tercatat 18.800 warga kedua Korea turut berpartisipasi dalam pertemuan yang penuh emosional itu.

Kedua negara bertetangga ini memang memiliki sejarah yang panjang dalam kegagalan menindaklanjuti upaya rekonsiliasi. Reuni yang pernah direncanakan pada tahun 2013 gagal di menit-menit akhir setelah Korut mengklaim bahwa Korsel tengah berusaha untuk menggulingkan pemerintah PyongYang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3542 seconds (0.1#10.140)